Konser – Konser Di Rooftop Yang Fenomenal!

Umum-nya, venue untuk sebuah konser  itu di lapangan luas, convention center , café dan masih banyak lagi, tetapi beberapa band ini justru mengadakan konser mereka di atas atap lho! Fenomenal banget kan? Coba kita pantau dulu yuk siapa saja mereka.

Red Hot Chili Peppers

rhcp-atap

Inilah konser di atas atap pada era informasi digital. Untuk mengundang penonton, pemain bass Flea menulis di twitter soal syuting video klip terbaru Red Hot Chili Peppers, “The Adventures of Rain Dance Maggie”. Syuting dilakukan di atas atap sebuah gedung di pantai Venice, California pada 30 Juli 2011. Selain penggemar yang mengetahui dari twitter hari itu, pengunjung pantai Venice pun ikut meramaikan akibat kegaduhan yang mereka buat. Konser di atas atap ini mungkin akan menjadi biasa saja, seandainya sutradara Marc Klasfeld tidak lupa meminta ijin polisi. Ya, konser ini dilakukan diam-diam tanpa sepengetahuan pihak berwajib.

Mujurnya, kepolisian Los Angeles (LAPD) juga memantau tweet Flea dan segera menempatkan personil untuk mencegah kerumunan massa yang terlalu padat. Seandainya polisi gagap teknologi, mungkin saja terjadi sesuatu pada konser di atap gedung terjal yang juga tak menggunakan piranti keselamatan tersebut.

U2

u2-atap

Niatnya awal-nya sih, Bono dan kawan-kawan hendak membuat video klip “Where The Street Have No Name” untuk promosi album “Joshua Tree”. Tetapi malah berakhir kebablasan membawakan delapan lagu di atas atap Republic Liquor Store, Los Angeles. Konser yang berlangsung pada 27 Maret 1987 ini menarik ribuan orang untuk berkumpul menyaksikan dari sisi jalan. Khawatir dengan faktor keselamatan, polisi datang membubarkan konser. Produser video klip Michael Hamlyn bahkan hampir ditahan.

Belakangan manajer U2 Paul McGuinness mengakui, mereka memang berharap konser itu dibubarkan polisi agar mendapat rekaman gambar yang dramatis. Tak sia-sia, video klip ini pun meraih penghargaan Video Musik Terbaik pada Grammy Award 1989.

The Beatles

beatles-atap

Hampir semua konser di atas atap yang berlangsung kemudian, mengambil contoh dari apa yang dilakukan The Beatles pada 30 Januari 1969. Tapi perlu dicatat, ini bukanlah konser di atas atap pertama. Jefferson Airplane melakukannya lebih dulu di New York, 7 Desember 1968 (direkam oleh sutradara Jean-Luc Godard).

Untuk mendapat gambar penutup film dokumenter “Let It Be” yang sedang dibuat, The Beatles membuat konser mendadak di atas atap Apple Records, London, saat jam makan siang. Akibatnya banyak pekerja yang berkumpul dan tak sedikit yang naik ke atap gedung sekitar. Apalagi The Beatles tak pernah pentas sejak tahun 1966.

Padi

padi-atap

Kini konser di atas atap telah menjadi hal biasa bagi musisi. Bukan saja musisi luar, band lokal Padi bahkan telah dua kali melakukannya. Pertama saat merilis album Save My Soul di tahun 2004 dan terakhir saat merayakan ulang tahun di tahun 2010 lalu.

Slank

slank-atap

Tak hanya band Padi, saat Kaka Slank sedang berulang tahun yang 36 pada 2010 lalu, ia juga merayakannya dengan mengadakan konser kecil-kecilan Slank diatas atap markas mereka, Pot Lot. Tampak sekali bahwa Slankers memenuhi Pot Lot untuk menonton idola mereka, karena di tahun tersebut Slank sempat kesulitan untuk mendapatkan izin manggung.

Seru juga yah konser di atas atap seperti band-band diatas! Mau juga coba liat idola-mu seperti itu?

Yuk wujudkan konser impianmu dengan Konserku!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s